Radio Suara Salatiga 99.9 FM

Website Resmi Ter Update!!

Di Salatiga Sebagian Warga Kembali Jalankan Shalat Jumat, Warga: Kami Sangat Besyukur Karena Bisa Kembali Menjalankan Shalat Jumat

Warga saat menjalankan ibadah shalat Jumat. (Foto: Istimewa)

Penulis: M.Nur

SALATIGA,harian7.com – Sebagian warga Muslim di Kota Salatiga mulai menunaikan Shalat Jumat di masjid lagi setelah selama kurang lebih dua bulan mengikuti anjuran pemerintah untuk beribadah di rumah masing-masing guna meminimalkan risiko penularan COVID-19.

Dari pantauan harian7.com, dibeberapa Masjid di Salatiga, terlihat warga sudah mulai kembali menjalankan Shalat Jumat di Masjid.

Baca juga:
Nyaris Ricuh, Puluhan Warga Gelar Aksi Demo Tuntut Kadus Pakopen Mundur Dari Jabatanya – Lantaran Dinilai Tidak Bisa Kerja

Salah satunya di Masjid Sabilul Falah Perum Asabri RT 04 RW 08 Kelurahan Randuacir Argomulyo Salatiga.

Pengurus masjid Sabilul Falah Eko Suryo  saat dihubungi harian7.com mengungkapkan, hari ini kami sudah menjalankan ibadah shalat Jumat di masjid. Saat pelaksanaan shalat Jumat kita menerapkan protokol kesehatan dalam rangka untuk pencegahan penularan virus corona atau Covid -19.

“Dimasjid Sabilul Falah sudah di pasang tanda jarak saat ibadah, kemudian juga saat hendak masuk masjid untuk mengikuti shalat Jumat diwajibkan mencuci tangan serta menggunakan masker,”kata Eko Suryo yang juga Khotib di Masjid Sabilul Falah.

Baca juga:
Peresmian Kampung Siaga Covid – 19, Ketua DPRD Salatiga: Garda Terdepan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Adalah Masyarakat Sendiri

Ditambahkan Eko Suryo, pelaksanaan Shalat Jumat di Masjid Sabilul Falah hanya boleh diikuti warga sekitar saja. Dan bagi warga yang kurang sehat, dimohon untuk tidak ke masjid terlebih dahulu.

“Dan satu lagi saya tambahkan, agar juga mematuhi physical distancing yang sudah diterapkan pemerintah dan juga membawa sajadah sendiri,”tutur Eko.

Ungkapan senada di sampaikan warga lainya Deny Irawan SH. Ia mengungkapkan rasa syukurnya kini bisa kembali menunaikan shalat Jumat di masjid, setelah beberapa bulan tidak bisa menunaikan shalat di masjid karena adanya wabah virus corona atau Covid-19.

“Sungguh menggembirakan, karena saat ini kita benar sudah bisa melaksanakan ibadah sholat Jumat. Pasalnya sejak  awal virus corona mewabah hingga sekarang baru hari ini bisa kembali menjalan ibadah shalat Jumat di masjid,”tutur Deny.

Disampaikannya,”Sebagai umat muslim kini bisa kembali menjalankan shalat Jumat, meski ditengah Pandemi Covid – 19, tentunya menjadikan kita wajib bersyukur, namun tetap selalu menaati aturan pemerintah tentang protokol kesehatan,”pungkasnya.

Selain di Masjid Sabilul Falah, shalat Jumat juga digelar di Masjid Roudlotul Muttaqin, RW 01  Klumpit Kelurahan Sidorejo Kidul Kecamatan Tingkir Kota Salatiga.  Hanya saja tidak seperti biasanya, ibadah shalat Jumat tetap mematuhi protokol kesehatan dan hanya boleh di ikuti warga setempat.

“Saat pelaksanaan shalat Jumat tentunya diterpkan jaga jarak atau physical distancing yang  merupakan protokol kesehatan sehingga para jemaah yang hendak melaksanakan shalat Jumat tidak berdekatan,” kata Ketua Karang Taruna Sidorejo Kidul Abdul Aziz (26) saat dikonfirmasi harian7.com.

“Penerapan jaga jarak ini atas inisiatif dari bapak – bapak takmir Masjid Roudlotul Muttaqin Klumpit mas. Takmir tetap memfasilitasi warga RW 1, Klumpit untuk menjalankan  ibadah shalat Jumat, namun harus sesuai protokol yang di anjurkan pemerintah,”ungkap Aziz.

Terpisah, Walikota Salatiga Yulianto SE MM saat di hubungi harian7.com terkait warga yang kembali menggelar ibadah shalat Jumat menghimbau agar warga untuk selalu mematuhi protokol yang sudah diterapkan oleh pemerintah.

“Dihimbau untuk tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan,”jawab singkatnya.(*)

Bagikan Dengan Sekali Klik:
%d blogger menyukai ini: