Tujuan melakukan puasa adalah agar umat muslim yang menjalankannya menjadi orang yang bertaqwa pada Allah dan juga turut merasakan penderitaan orang- orang yang tidak mampu hingga menimbulkan rasa keinsyafan dan rendah hati dalam memahami dan menyantuni mereka yang tidak mampu tersebut. Selain itu hikmah berpuasa adalah belajar untuk menahan hawa nafsu dari perbuatan buruk tercela dan mengundang dosa. informasi ini melansir sepenuhnya dari laman https://idcloudhost.com/jadwal-imsakiyah-bulan-ramadhan-tahun-2020-1441-h-seluruh-wilayah-jawa/

Adapun syarat- syarat wajib untuk melaksanakan ibadah puasa ini adalah :

  1. Islam
  2. Baligh
  3. Berakal
  4. Kuat berpuasa

Selain itu kita juga harus memahami rukun menjalankan puasa seperti :

  • Berniat yang bisa diucapkan pada malam hari
  • Menahan diri dari segala yang dapat membatalkan puasa sejak mulai terbit fajar hingga berbuka puasa pada saat matahari terbenam.
Menu Buka Puasa

Berpuasa di tengah pandemi COVID-19

Mengingat keputusan resmi yang dikeluarkan pemerintah, maka sebaiknya kita juga turut untuk mengikuti keputusan dan peraturan tersebut seperti :

  • Tidak pulang mudik
  • Tidak berkumpul dengan lebih dari 2 orang
  • Melakukan dan melaksanakan semua ibadah dari rumah

Memang tidak mudah untuk menjalankannya mengingat budaya Indonesia yang selalu melakukan pulang mudik untuk bertemu keluarga sekali setahun dan juga melakukan kunjungan silahturahmi saat lebaran, tetapi semua ini harus kita sekat dan batasi untuk sementara waktu demi memutus rantai penyebaran virus corona COVID-19 yang berbahaya dan mengancam ini.

Jadwal puasa tahun 2020 ini akan jatuh pada hari Jum’at tanggal 24 April 2020 yang menandakan hari pertama bagi seluruh umat muslim Indonesia untuk menjalankan ibadah puasa mereka. Sedangkan akhir puasa atau Ramadhan akan jatuh pada hari Sabtu, 23 Mei 2020.

Simak terus update website dan siaran Radio Suara Salatiga, dapatkan informasi update terkait jadwal imsakiyah untuk wilayah Salatiga dan sekitarnya.

Bagikan Dengan Sekali Klik: