Kam. Okt 17th, 2019

Suara Salatiga

Informatif, Edukatif dan Berbudaya

Bunga Cantik dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Gambar: https://bonnieplants.com

Teman Setia, ternyata bunga tidak hanya harum dan cantik lho. Beberapa jenis bunga aman dan bisa dikonsumsi. Selain itu beberapa bunga kaya akan manfaat bagi kesehatan.

  1. Lavender
    Aroma bunga lavender dapat mengusir serangga terutama nyamuk. Selain itu lavender juga memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengontrol gangguan kecemasan dan mencegah depresi. Tidak hanya itu, kandungan zat besi dan vitamin A dalam lavender juga dipercaya dapat meredakan gejala PMS dan menjaga kesehatan mata serta kulit. Lavender dapat digunakan sebagai campuran kue, teh herbal, dan diolah menjadi sirup.
  2. Mawar
    Mawar biasanya dicampurkan bersama teh, atau dipadukan dengan dessert; seperti kue dan es krim. Tak hanya memberikan cita rasa dan aroma unik, bunga mawar juga kaya akan kandungan air, vitamin, dan antioksidan. Dalam pengobatan tradisional China, bunga mawar biasanya digunakan menyembuhkan gangguan pencernaan, nyeri karena peradangan, serta menstruasi yang tidak lancar.
  3. Chamomile
    Bunga chamomile kerap dikonsumsi sebagai teh herbal dan berguna untuk meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, kandungan kadar antioksidan yang tinggi pada chamomile bisa melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, hingga mengontrol gula darah tubuh.
  4. Bunga Telang
    Bunga yang berasal dari Asia Tenggara ini biasanya dimanfaatkan sebagai pewarna makanan dan kerap disajikan sebagai teh herbal. Teh bunga telang dipercaya dapat meningkatkan daya ingat, anti-stres, serta penenang. Selain itu karena kandungan antioksidannya yang tinggi, bunga telang juga bisa membantu meningkatkan penglihatan, pertumbuhan rambut, meningkatkan kesehatan kulit, hingga mengurangi stres oksidatif.
  5. Melati
    Air rebusan melati ternyata bisa meredakan gejala flu, demam, hingga sesak napas. Aroma harum melati juga dapat mengurangi stres dan menenangkan pikiran. Campuran bunga melati dan segelas teh hijau juga dapat difungsikan sebagai minuman detoksifikasi tradisional.
Please follow and like us:
error
Yuk Bagikan Disini

INFO WEBSITE

Ini merupakan website resmi Radio Suara Salatiga 99.9 FM yang sedang dalam masa pengembangan. Mohon maaf jika terjadi kesalahan sistem. Admin akan selalu berusaha untuk membenahi fasilitas yang kami sediakan dalam laman website ini.