Sel. Sep 17th, 2019

Suara Salatiga

Informatif, Edukatif dan Berbudaya

Cara Aman Gunakan Earphone

Gambar: Getty Images

Teman Setia sering mendengaran radio menggunakan earphone? Pasti asyik sekali ya! Apalagi jika lagu kesukaan sedang diputar, seketika volume akan dikencangkan. Tetapi tahukah kamu? Ternyata gangguan pendengaran meningkat pada remaja hingga orang dewasa akibat menggunakan earphone dengan volume terlalu keras.

Nah, agar terhindar dari hal tersebut, Teman Setia bisa mengikuti beberapa tips aman menggunakan earphone, seperti:

  1. Jangan pernah mendengarkan musik dengan volume maksimal.
    Menurut beberapa penelitian, perangkat MP3 Player dapat menghasilkan volume suara maksimal 100 decibel. Jika kita mendengarkan suara dengan level tersebut selama 15 menit, sistem pendengaran kita akan rusak. Banyak ahli menyarankan untuk mendengarkan musik menggunakan earphone dengan volume di bawah 60%.
  2. Jangan menggunakan earphone lebih dari 60 menit
    Istirahatkan telinga setelah 60 menit mendengarkan musik menggunakan earphone. Menggunakan earphone selama berjam-jam dapat merusak pendengaran.
  3. Pilih earphone dengan noise cancelling
    Fitur noise cancelling pada earphone dan headphone dapat memblokir suara di sekitar pengguna, jadi suara yang didengar akan lebih jernih. Dengan fitur noise cancelling, kita dapat mendengarkan musik dengan sangat jelas meski volumenya tidak maksimal.
  4. Gunakan Over the Ear Headphone
    Pada over the ear headphone posisi speaker ada di luar lubang telinga. Sedangkan earphone memiliki earbuds yang masuk ke dalam lubang telinga. Earbuds yang masuk ke dalam lubang telinga berbahaya karena terlalu dekat dengan gendang telinga.
  5. Jangan gunakan earphone di lingkungan yang berisik
    Ketika menggunakan earphone di lingkungan yang berisik, kita cenderung mengencangkan volumenya. Hal tersebut tersebut berbahaya, karena jika terlalu lama mendengarkan musik dengan volume maksimal dapat merusak pendengaran secara permanen.

Sumber: Harian Suara Merdeka

Please follow and like us:
error
Yuk Bagikan Disini

INFO WEBSITE

Ini merupakan website resmi Radio Suara Salatiga 99.9 FM yang sedang dalam masa pengembangan. Mohon maaf jika terjadi kesalahan sistem. Admin akan selalu berusaha untuk membenahi fasilitas yang kami sediakan dalam laman website ini.