Radio Suara Salatiga 99.9 FM

Website Resmi Ter Update!!

Foto: Getty Image

Tips Memilih Buah Semangka

Teman Setia, musim panas belum akan berakhir, udara yang panas sering membuat kita haus dan ingin menyantap buah-buahan yang segar seperti semangka. Sayangnya terkadang semangka yang dijual di pasar tidak terlalu manis dan juicy. Nah, agar tidak salah pilih semangka, Teman Setia bisa mengikuti beberapa tips berikut:

  1. Perhatikan warna kulit
    Sebaiknya kita memilih semangka dengan kulit berwarna hijau gelap dan kusam. Kulit semangka yang mengilat biarpun cantik dan menarik, ternyata malah menunjukkan bahwa buah belum matang.
  2. Cek berat dengan cara mengayunkan
    Pegang dan ayunkan sedikit untuk mengetahui berat semangka. Jika terasa berat, walau ukuran tidak besar, semangka tersebut mengandung banyak air. Semakin berat semakin bagus.
  3. Perhatikan spot kuning
    Perhatikan spot kuning yang biasanya berada di bagian atas dan bawah semangka. Semakin besar spot dan warna kuningnya keemasan, ini artinya semangka sudah matang dan siap dimakan. Jangan pilih semangka dengan spot kuning kecil atau malah tidak ada.
  4. Ketuk buah
    Ketuk buah semangka, jika terdengar bunyi seperti gema di ruang kosong, semangka terseebut sudah matang dan siap disantap. Jika terdengar seperti ketukan biasa, itu artinya semangka belum atau justru terlalu matang.
  5. Cek ujung batang buah
    Letakkan jari dan tekan di spot hitam tanda batang buah. Jika masih keras dan spot agak besar, ini menunjukkan semangka manis. Jika spot hitam saat ditekan agak masuk ke dalam, ini berarti semangka sudah terlalu matang atau mulai membusuk.

Sumber: womantalk

Bagikan Dengan Sekali Klik:
%d bloggers like this: