Sel. Sep 17th, 2019

Suara Salatiga

Informatif, Edukatif dan Berbudaya

5 Manfaat Daun Salam

Teman Setia, beberapa waktu yang lalu daun salam sempat bikin heboh jagat Twitter, nih. Pasalnya beberapa pengguna Twitter luar negeri komplain karena menemukan “sebuah daun” di sajian chipotle.

Usut punya usut, ternyataa “sebuah daun” yang ditemukan dalam sajian chipotle itu adalah daun salam yang sering sekali dijadikan rempah penyedap makanan di Indonesia. Nah, Teman Setia, ternyata daun salam selain digunakan untuk menambah cita rasa makanan juga memiliki banyak manfaat, lho.

  1. Bersifat Diuretik
    Dalam buku berjudul Health Benefits of Bay Leaf, Professor Jayashankar Telanganan dari State Agricultural University menulis bahwa daun salam bisa meningkatan fungsi organ pencernaan. Sifat diuretik yang dimiliki daun salam akan membantu kita mengeluaran toksin atau racun dalam tubuh.
  2. Baik untuk Kesehatan Mata
    Selain itu, Professor Jayashankar juga mengatakan bahwa daun salam adalah sumber vitamin yang baik. Vitamin A sangat baik bagi kesehatan mata, kesehatan kulit, dan selaput lendir.
  3. Antikanker
    Dalam jurnal Nutrition Research tahun 2010 disebutkan bahwa daun salam sangat kaya akan antioksidan seperti fitonutrien, catechin, linalool, dan parthenolide. Antioksidan sendiri bisa melawan radikal bebas penyebab kanker.
  4. Melindungi Kesehatan Jantung
    Daun salam mengandung asam caffeic dan senyawa organik yang bermanfaat meningkkatkan kesehatan jantung. Asam caffeic akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).
  5. Mengurangi Kecemasan dan Stres
    Senyawa linalool dalam daun salam dapat membantu mengurangi hormon stres jika digunakan sebagai aromaterapi. Hormon stres yang berlebihan tentu akan membawa dampak buruk bagi tubuh, maka dari itu tak ada salahnya rutin mengonsumsi daun salam untuk menjaga tubuh tetap rileks di saat rasa cemas menyerang.

Sumber: kumparan.com

Please follow and like us:
error
Yuk Bagikan Disini

INFO WEBSITE

Ini merupakan website resmi Radio Suara Salatiga 99.9 FM yang sedang dalam masa pengembangan. Mohon maaf jika terjadi kesalahan sistem. Admin akan selalu berusaha untuk membenahi fasilitas yang kami sediakan dalam laman website ini.