Kam. Okt 17th, 2019

Suara Salatiga

Informatif, Edukatif dan Berbudaya

Pestisida Alami dari Tembakau

Foto: https://komunitaskretek.or.id

Tembakau adalah salah satu komoditas tanaman unggulan dari Indonesia. Selain digunakan sebagai bahan baku rokok ternyata tembakau juga bisa digunakan sebagai pestisida alami.

Pestisida alami dari tembakau dinilai lebih ramah lingkungan dan tidak merusak ekosistem. Beberapa bagian tanaman tembakau yang bisa digunakan untuk pestisida antara lain adalah bunga, daun, akar, dan batang.

Cara kerja pestisida dari tembakau tidak kalah efektif dari pestisida kimia atau residu. Kandungan dari racun syaraf yang dimiliki tembakau bersifat antifedant atau menghambat nafsu makan serangga.

Selain itu, pestisida dari tembakau berfungsi untuk:

  1. Mencegah daun sakit
    Daun yang sakit tidak bisa berfotosintesis dengan sempurna sehingga daunnya akan menggulung. Penggunaan pestisida alami tidak menghalagi proses fotosintesis sehingga daun tumbuhan tidak akan menggulung.
  2. Membasmi tikus
    Tikus sawah merugikan karena merusak akar-akar tanaman. Tikus sawah bisa dibasmi dengan menggunakan pestisida alami.
  3. Mencegah kelabang muncul
    Kelabang kerap ditemukan memakan dedaunan. Hal tersebut dapat dihindari dengan menyeprotkan campuran air tembakau dan air bawang pada tanaman.
  4. Menghindari Kutu Tanaman
    Kutu tanaman bisa merusa perkembangan tanaman hingga layu. Pengaplikasian pestisida tembakau pada tanaman dapat menangkal kutu tanaman.

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Please follow and like us:
error
Yuk Bagikan Disini

INFO WEBSITE

Ini merupakan website resmi Radio Suara Salatiga 99.9 FM yang sedang dalam masa pengembangan. Mohon maaf jika terjadi kesalahan sistem. Admin akan selalu berusaha untuk membenahi fasilitas yang kami sediakan dalam laman website ini.