Suara Salatiga

Informatif, Edukatif dan Berbudaya

Pemerahan Sapi Perah

Salatiga adalah salah satu kota yang memiliki iklim dingin. Iklim dingin sangat baik digunakan untuk membudidayakan sapi perah, mengingat sebagian sapi perah adalah sapi impor yang didatangkan dari daerah beriklim dingin atau sejuk seperti Belanda, Australia, Swedia, Belgia, dan Selandia Baru.

Pemerintah Kota Salatiga terus berusaha untuk memajukan peternakan sapi perah agar Kota Salatiga dapat menjadi salah satu penghasil susu sapi segar terbesar di Indonasia. Peternak sapi perah terus diberi penyuluhan dan edukasi agar susu yang dihasilkan berkualitas maksimal.

Sebagai salah satu upaya untuk mengedukasi masyarakat, Dinas Pertanian Kota Salatiga mengadakan dialog interaktif di ajang Jelita Radio Suara Salatiga. Pada kesempatan kali ini, narasumber dialog adalah Bapak Budi Wahyono Jati, Penyuluh dari Dinas Pertanian Salatiga yang memberikan penjelasan tentang pemerahan sapi perah yang baik dan benar.

Masa pemerahan sapi perah adalah setelah sapi beranak. Pemerahan atau panen susu bisa dilakukan di pagi dan sore hari. Produksi susu rata-rata mencapai 10-15 liter sehari selama 10 bulan. Selain faktor genetik dan jumlah banyaknya sel penghasil susu pada sapi, pakan dan lingkungan ternak juga dapat memengaruhi produksi susu sapi.

Sebelum memerah, peternak harus melakukan:

  1. Mendesinfeksi alat perah
  2. Mencuci tangan dengan sabun
  3. Membersihkan ambing puting dengan lap kering
  4. Menjaga lingkungan pemerahan tetap bersih

Proses memerah sapi:

  1. Pemerah tidak boleh bersin, meludah, dan merokok selama proses pemerahan.
  2. Pemerah harus menjaga kebersihan dan tidak dianjuran memerah ketika kuku jari panjang.
  3. Memerah dari puting sapi bagian depan kemudian diterusan ke puting bagian belakang.
  4. Memerah dengan metode whole hanad hingga tuntas.
  5. Memerah susu dengan cepat dan baik.
  6. Pemerahan terahir dilakukan dengan pemerahan di ember.
  7. Setelah proses pemerahan, pemerah harus menghindaarkan susu dari kontaminasi.
Yuk Bagikan Disini

INFO WEBSITE

Ini merupakan website resmi Radio Suara Salatiga 99.9 FM yang sedang dalam masa pengembangan. Mohon maaf jika terjadi kesalahan sistem. Admin akan selalu berusaha untuk membenahi fasilitas yang kami sediakan dalam laman website ini.