Tips Bakar Lemak Paska Lebaran

Makanan khas Lebaran biasanya mengandung banyak lemak. Makann berlemak seperti ketupat sayur, opor, dan rendang akan membuat berat badan cepat meningkat dan kadar kolesterol pun ikut naik. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, Teman Setia bisa mengikuti beberapa tips berikut:

Bedakan makanan lemak yang baik dan yang harus dihindari

Pastikan Teman Setia memilih makanan yang sehat selama lebaran, misalnya pilih dada ayam tanpa kulit dan kuranngi konsumsi makanan yang digoreng. Pilih makanan dengan lemak jenuh yang sehat seperti kacang-kacangan. Selain itu Teman Setia juga bisa memilih makanan rendah lemak seperti ikan, tahu, dan tempe.

Banyak makan sayuran dan buah-buahan

Makanan yang berlemak harus diimbangi dengan makanan yang kaya serat seperti sayuran hijau dan buah-buahan. Teman Setia bisa mengganti camilan kue kering dengan buah-buahan, misalnya jeruk, pepaya, dan apel.

Mulai rajin konsumsi yogurt

Minuman hasil fermentasi seperti yogurt bisa membersihkan kotoran penyebab makanan tidak sehat di lambung. Yogurt bisa membantu kerja lambung lebih mudah dalam mencerna sisa makanan yang sulit diolah tubuh. Selain itu yogurt kaya akan serat sehingga dapat membuat makanan berlemak lebih mudah diolah dan cepat dibuang dari tubuh.

Minum air lemon

Teman Setia bisa mengganti konsumsi minuman manis seperti es sirup, es kopyor, dan es campur dengan air hangat perasab jeruk lemon. Lemon kaya akan zat antioksidan dan vitamin C yang tinggi dan dapat membantu pembakaran lemak.

Lakukan olahraga ringan

Hal terakhir yang perlu Teman Setia lakukan adalah melakukan olahraga ringan. Olahraga ringan seperti jalan pagi selama 30 menit dan berenang akan membantu membakar lemak.

sumber: womantalk.com